Cara Kami Memanusiakan Brand Dengan Brand Personality

Cara Kami Memanusiakan Brand Dengan Brand Personality

Ketika berkenalan dengan orang-orang baru, mana yang akan terus berkesan buat Anda? yang berkepribadian menarik atau yang good looking? Yang berpenampilan menarik jelas akan menarik perhatian Anda dalam sekejap, tapi pada akhirnya, yang kepribadian menarik adalah yang akan terus diingat.

Hal yang sama juga berlaku pada suatu brand. Visual identity saja tidak cukup. Harus dilengkapi dengan personality yang sesuai dengan image yang ingin dicerminkan. Memangnya untuk apa? Kenapa penting bagi brand untuk memiliki personality yang kuat? 

Manfaat brand personality

Brand personality yang kuat dan sesuai dapat membawakan berbagai macam keunggulan kompetitif. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Differensiasi dari kompetitor
    • Ciri khas yang dimiliki dapat membedakan suatu brand dengan kompetitor.
  • Menentukan gaya komunikasi
    • Gaya komunikasi mengikuti personality dari suatu brand agar sesuai dengan segmen pasar yang akan disasar.
  • Membangun komuasi yang efisien
    • Komunikasi yang konsisten dengan pelanggan terkait personality yang dibangun agar pelanggan tetap ingat dengan jasa pelayanan yang ditawarkan.
  • Membangun ekuitas dalam waktu yang lama
    • Hal ini dibutuhkan agar brand personality yang dibangun dapat bertahan lama dan kokoh.

BACA JUGA: Butuh Banyak Desain dan Konten, tapi Terhambat?

Sebagai contoh, coba lihat Coca Cola dan penggunaan visualnya, slogan-slogannya, hingga bentuk campaign yang pernah dilakukan. Semuanya merupakan cerminan dari personality yang dimiliki oleh Coca Cola. Sebagai brand yang menunjukkan sincerity dan excitement, Coca Cola terasa optimis, cheerful, dan sekaligus menunjukkan rasa bahagia atau ‘joy’.

Cara menentukan brand personality

Untuk mengidentifikasinya, ada beberapa metode yang bisa digunakan. Metode yang paling populer adalah brand personality dimensions yang dikemukakan oleh Jennifer Aakers pada tahun 1997. Teori ini membaginya menjadi 5 spektrum: sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness.

Untuk menentukan tergolong personality yang mana, Anda tidak bisa sembarangan mengkategorikan brand Anda ke dalam salah satu kategori tersebut. Justru, Anda harus bisa mengidentifikasikan sifat atau brand Anda dengan akurat. Untuk itu, kumpulkan teman-teman berpikir Anda dan lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Sebutkan kata-kata sifat yang menggambarkan karakteristik brand Anda.
  2. Anggaplah brand Anda adalah orang. Sebutkan sebanyak mungkin kata-kata sifat yang paling menggambarkan brand Anda.
  3. Kelompokkan kata sifat yang mengacu pada hal yang mirip atau sama. Misal: bold dan daring jatuh ke dalam kelompok yang sama.
  4. Eliminasi kata-kata sifat tersebut hingga tersisa 4 yang paling dijagokan. Dari belasan atau bahkan puluhan kata sifat yang Anda sebutkan, eliminasi semuanya hingga tersisa 4 kata pilihan.
  1. Kelompokkan 4 kata tersebut ke dalam brand personality dimension.

Kata sifat yang terpilih bisa saja jatuh ke dalam 2 kategori atau lebih, sehingga bisa tampil multidimensional selayaknya manusia.

BACA JUGA: Mengenal Jenis dan Tujuan Poster Film Di Industri Kreatif

Brand yang berkesan adalah yang punya brand personality

Tanpa adanya personality akan terasa seperti sesuatu yang tak bernyawa. Terasa dingin. Interaksi dengan brand tersebut pun akan terasa seperti interaksi dengan mesin. Padahal, setiap brand yang baik harus bisa menunjukkan sisi kemanusiaannya agar dapat berkesan bagi audiensnya.

Coca Cola bisa hadir dengan sincerity dan excitement. Apple dengan aura excitement dan competence. Disney yang penuh dengan sincerity dan excitement, mirip dengan Coca Cola, tapi tetap berbeda. Brand-brand besar ini memiliki sifat yang terasa genuine, dan brand Anda juga bisa.

BACA JUGA: Pengertian Brand Collateral dan Manfaatnya Untuk Anda

Membangun brand personality sebagai langkah awal adalah hal yang menantang. Maka, lakukan dengan benar sejak dini supaya brand Anda mempunyai personality brand yang kuat. Jika sudah berjalan, lihat dan review kembali apakah semua lini pemasaran brand Anda sudah menggunakan visual yang konsisten. Buat perubahan ataupun pengembangan visual brand Anda saat benar-benar dibutuhkan. Pada akhirnya, brand Anda akan dipercaya audiens sehingga meningkatkan profit dalam jangka panjang.

Anda dapat berkolaborasi dengan Artmosphere Design sebagai design service untuk mewujudkan brand personality yang kuat pada brand Anda. Anda akan mendapatkan satu tim desain dengan bonus seorang Project Manager untuk mengontrol berjalannya projek desain Anda. Pilih plan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan jadwalkan pertemuan dengan kami sekarang juga. Jangan lupa lihat Instagram @artmosphereid untuk melihat portofolio terbaik kami!