Cari Tahu Disini! Bagaimana Desain Grafis Digunakan Dalam Film

Cari Tahu Disini! Bagaimana Desain Grafis Digunakan Dalam Film

Seperti penjelasan Kami sebelumnya untuk mengenal jenis dan tujuan poster film di industri Kreatif. Pada kesempatan ini Artmosphere Design sebagai Design Agency Jakarta dengan Layanan Desain Unlimited Berlangganan akan membagikan tentang Film adalah media visual, dan desain grafis selalu menjadi bagian dari dunia penceritaan visual. Desain grafis telah menjadi bagian integral dari media di era sekarang ini. Meningkatnya popularitas dapat dikaitkan dengan perkembangan media sosial visual . 

Dan aspek yang paling menonjol muncul dalam arah ini adalah pentingnya desain grafis dalam film dan televisi. Keterampilan ini melampaui penggunaannya di media sosial. Menggunakan desain grafis dapat membantu meningkatkan penceritaan visual yang terlibat dalam membuat sebuah film. 

Ketika orang memikirkan desainer grafis, mereka memikirkan mereka bekerja di pemasaran konten, periklanan, pembuatan logo, situs web, dan desain promosi untuk media cetak dan dunia digital. Namun, mereka sama pentingnya dalam dunia pertelevisian dan film. 

Mengapa visual storytelling memerlukan desain grafis dalam film?

Desain grafis dalam film bukan hanya sekedar pembuatan poster dan materi promosi lainnya. Desainer grafis bekerja untuk membuat film sebagaimana adanya, dan mereka adalah bagian inti dari kru. Lihat saja desainer grafis ternama untuk film, Annie Atkins . Dia bekerja membuat set piece, alat peraga untuk membuat typeset untuk papan nama hotel, dan judul film untuk The Grand Budapest Hotel. 

Dalam sebuah wawancara, Annie Atkins menyebutkan bagaimana desainer grafis harus bertanggung jawab atas detail paling kecil seperti surat kabar yang dipegang oleh karakter dan kemasan produk di toko yang dipajang dalam sebuah adegan. Semua alat peraga dan perancang lokasi ini harus sesuai dengan periode pembuatan film dan genrenya. 

Desainer grafis harus melakukan penelitian ekstensif untuk membuat potongan gambar yang akurat sesuai dengan periode waktu pembuatan film. Mereka juga bertanggung jawab atas semua elemen grafis yang diuraikan dalam naskah. 

BACA JUGA: Mengenal Jenis dan Tujuan Poster Film Di Industri Kreatif

Desainer grafis mengerjakan berbagai proyek. Film yang berlatar masa bersejarah memerlukan upaya lebih karena harus menyempurnakan detail terkecil sekalipun. Proyek fiksi ilmiah dan futuristik juga memerlukan banyak pekerjaan karena desainer grafis bekerja untuk menciptakan tampilan film yang unik dan inovatif. 

Contoh desain grafis di film dan televisi

Dalam film dan televisi, desain grafis adalah tentang menciptakan suasana yang menarik dan membantu memajukan alur cerita. Komponen desain grafis sebuah film yang dirancang dengan ahli membuat penonton merasa lebih mendalam dan menyatukan semua elemen. 

1. Paterson 

Desain grafis dalam film Paterson sangat cocok digunakan ketika Anda merasa semua detail semakin membebani dan membutuhkan inspirasi untuk fokus pada satu aspek penting. Pengisahan cerita visual di Paterson dapat membantu ketika kebisingan di dalam kepala Anda menjadi terlalu keras, dan Anda perlu menemukan kembali alur kerja kreatif Anda. 

paterson-desain-grafis-dalam-film

Film ini mencakup semua hal duniawi dalam hidup kita dan menarik perhatian padanya. Paterson menunjukkan kepada kita semua detail cobaan dan kemenangan sehari-hari melalui sudut pandang seorang sopir bus. Objek individual yang digunakan untuk desain lokasi dalam film sangat brilian dan membuat Anda merasa menjadi bagian dari pengalaman tersebut.  Paterson menggunakan desain grafis untuk menyatukan banyak aspek kehidupan sehari-hari.

2. Julie dan Julia 

Untuk menjadi sukses di bidang kreatif desain grafis, Anda perlu menemukan cara untuk tetap termotivasi. Jika Anda pernah merasakan hambatan kreatif, Anda perlu menemukan inspirasi yang dapat membantu pekerjaan Anda. Pengisahan cerita visual dalam Julie And Julia merupakan pelampiasan brilian untuk mencari inspirasi dan motivasi. 

julie-dan-julia-bercerita-visual

Penggunaan warna dan objek untuk menggambarkan kehidupan kedua karakter tituler tersebut menciptakan dunia visual yang menjadi suguhan bagi penonton serta desainer grafis di seluruh dunia. Untuk menjaga film tersebut sedekat mungkin dengan kehidupan nyata Julie Powell dan Julia Child, desainer grafis harus bekerja ekstra keras pada film tersebut. Desain grafis dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap penceritaan, dan itulah yang terjadi di Julie And Julia. 

Desain grafis di Julie And Julia membantu cerita bergerak maju dan menciptakan adegan yang menarik. Perhatian terhadap detail dalam desain set dan properti film membuatnya menonjol dan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi penontonnya.  

BACA JUGA: Seberapa Penting Personal Branding Untuk Brand Anda

3. Hotel Agung Budapest 

Mungkin salah satu film paling berpengaruh untuk desain grafis dalam film belakangan ini, The Grand Budapest Hotel memiliki banyak sekali pelajaran bagi para desainer grafis. Mulai dari skill hingga desain set hingga alat peraga, desain grafis dalam film inilah yang membuatnya menonjol. Namun, pelajaran terpenting bagi desainer grafis adalah menerima kegagalan. 

the-grand-budapest-hotel-visual-bercerita-dalam-film

Ahli properti terkenal untuk The Grand Budapest Hotel, Robin Miller, mencetak kotak Mendl berwarna merah muda dari seorang spesialis di Berlin untuk film tersebut. Hampir setiap adegan dalam film tahun 1930-an menggunakan kotak-kotak ini dalam beberapa cara. Penulisan huruf dilakukan dengan tangan pada setiap kotak ini, itulah sebabnya ketika Robin Miller menulis ejaan patisserie yang salah pada kotak tersebut, tidak ada pemeriksa ejaan digital yang mengoreksinya. 

Kesalahan itu terwujud setelah ratusan kotak Mendl terlanjur digunakan untuk pembuatan film. Kesalahan ini diterima dengan baik oleh Robin Miller, dan para produser bersikap pragmatis terhadapnya. Mereka memutuskan untuk memperbaiki kesalahan ejaan pada kotak pasca produksi. Contoh dari The Grand Budapest Hotel ini hanya menunjukkan bahwa bahkan orang terbaik di antara kita pun bisa melakukan kesalahan, dan desain grafis terbaik dalam film berasal dari banyak percobaan dan kesalahan di balik layar. 

Semua unsur dari desain grafis harus selaras dan harmonis untuk menciptakan kesan yang kuat pada sebuah film.

BACA JUGA: Membedah Proses Kreatif dari Identitas Visual Olimpiade Paris 2024

Jika Anda kesulitan dalam membuat desain poster film, ataupun material promosi film, Anda dapat berinvestasi untuk menggunakan Jasa Design Agency Jakarta yang mempunyai pengalaman serta Layanan Desain Unlimited Berlangganan. Seperti contohnya Artmosphere Design  yang dapat menjadi pilihan tepat untuk bisnis Anda dalam menciptakan poster film yang kuat dan menarik, serta Jasa Desain Logo Profesional, jasa desain kalender 2025, jasa desain grafis. Hubungi Artmosphere Design sekarang untuk bantuan dalam menciptakan branding pemasaran yang luar biasa.